Selasa, 12 Februari 2013

LIPUTAN TERDAHULU
 
Berpetualang Bersama Mapala UTY
17/10/2006 09:30
Hampir setiap universitas memiliki klub pecinta alam. Begitu pula dengan Universitas Teknik Yogyakarta (UTY). Berdiri sejak 12 Desember 1989, Mapala UTY saat ini telah memasuki angkatan ke-16.
Seperti Mapala lainnya, Mapala UTY yang bernama The Green Palm melatih dan membentuk fisik para anggotanya agar mampu bertahan di alam liar. Untuk itu, mereka kerap mengadakan latihan-latihan ringan di berbagai daerah di Jogja, salah satunya adalah jalan ringan di Gunung Merapi yang dapat membantu melatih stamina.
Berbagai kegiatan menantang lain juga menjadi agenda kegiatan Mapala UTY. Mulai dari pendakian gunung, panjat tebing, caving, arung jeram, hingga berperahu kayak. The Green Palm juga mempunyai acara rutin tahunan, yaitu pendakian massal. Namun pendakian massal ini tidak mutlak dilakukan hanya 1 kali dalam satu tahun. Bila memang ada waktu luang, dan kondisi memungkinkan, mereka tak ragu untuk melakukan pendakian massal tersebut. 
Saat ini anggota The Green Palm telah mencapai 30 orang. Itu yang aktif. Sedangkan yang terdaftar mencapai sekitar 100 orang. Bersama Mapala UTY, anggotanya telah mengunjungi berbagai tempat menarik, yang tentu saja berhubungan dengan alam, di sekitar Jogja. Memanjat tebing di Pantai Siung dan Parangendok, berarung jeram di Sungai Elo, dan mendaki Gunung Merbabu adalah beberapa contohnya.
The Green Palm tidak hanya bergelut di alam bebas, tetapi juga melakukan kegiatan-kegiatan sosial, seperti bakti sosial. Bahkan setiap 2 bulan, mereka memiliki agenda rutin untuk menerbitkan buletin mengenai tempat-tempat yang berhubungan dengan alam. Para anggota The Green Palm ini berharap mereka dapat terus bergerak bebas di alam, dan tidak merusak alam bumi pertiwi. (ren)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar